Saturday, May 19, 2012

Cara Membuat Es Krim


Bahan Utama Yang Diperlukan :

1. 475 ml cream/kepala susu
2. 125 ml Susu cair (atau bisa juga santan kelapa)
3. 4 butir telur
4. 100 ml gula (lebih bagus lagi kalau gula halus)
5. 1 sendok teh vanilli
Rasa yang akan kita coba dalam resep es krim kali ini adalah dengan menggunakan alpukat jadi siapkan paling sedikit 1 buah alpukat, dan tidak menjadi masalah jika anda ingin mencobanya dengan rasa yang lain.
Alat Yang Diperlukan
1. blender
2. lemari es (kulkas n freezer)
3. panci kecil
4. wadah es krim
5. kompor
Berikut Cara Pembuatan
Adonan 1
Apokat diblender, kemudian ditaruh ke dalam panci. Masukkan cream dan susu/santan. Seluruhnya dipanaskan pelan-pelan sambil terus diaduk. Jika sudah panas (gelembung udara mulai naik), panci diturunkan.
Adonan 2
Telur (kuning+putihnya), gula, dan vanili diblender (dikocok). Lalu dituangkan ke dalam panci berisi adonan 1.
Catatan : Krim / Kepala susu  adalah bagian dari susu yang kental yang lebih dikenal dengan kepala susu dan mengandung lemak sekitar 18%-48%. Untuk krim dengan kandungan lemak tinggi diatas 30% bila dikocok menjadi kaku seperti es krim dengan cita rasa gurih. Biasanya krim dipakai untuk memperkaya rasa gurih pada masakan, beragam cake, minuman dan dessert. Baik sebagai campuran, olesan, maupun topping dan hiasan. Biasanya di jual di supermarket seperti carefour ada koq…bisa merk Anchor Cream cari di bagian keju (tempat yg ada kulkasnya)
Semuanya kemudian dipanaskan lagi, sambil diaduk terus hingga mengental. Setelah kental, dituangkan ke dalam wadah es krim (rantang atau sejenisnya) ditaruh ke dalam kulkas selama 3-4 jam. Setelah itu dipindahkan ke dalam freezer, setiap 1 jam diaduk, supaya tidak terjadi pengkristalan es. Setelah 3-4 kali pengadukan ( = 3..4 jam) menurut pengalaman tidak perlu lagi diaduk. Jika es krim yang jadi terlalu keras/liat, sebaiknya 10 menit dikeluarkan sebelum disajikan.
Sangat klop bila di hidangkan dengan kue kering atau sejenisnya. seperti biasanya untuk konsumsinya jelas ngga baik bila terlalu berlebihan apalagi yang sedang rutin melakukan tips mengecilkan perut , karena lemak yang berlebihan bisa mengagalkan itu semua, Ok deh langsung take action aja dah buat yang ga sabar mempraktekkan cara membuat es krim di atas.

(Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.
(2:168)
Motivasi
Jika Anda mencari resep (dalam bahasa Indonesia) membuat es krim yang ada diberbagai situs di internet, sulit/tidak akan ketemu. Misal membuat es krim rasa concerto. Maka Anda diminta beli buah-buah dan es krim siap saji dari pasar, setelah itu disuruh mencampur sendiri :-(
contoh:

http://www.detikfood.com/lezatdanpraktis/minuman/2003/12/15/20031215-105048.shtml

Bikin sendiri ternyata mudah, tidak harus menggunakan mesin pembuat es krim  (Eismaschine)
Rasa

Terserah Anda (apokat, coklat/Blockschokolade, Erdbeer/strawberry, pisang, etc.).

No comments:

Post a Comment