Saturday, May 19, 2012

Mengenal Diri Sendiri Untuk Mengenal Masa Depan

Mengenal diri sendiri adalah suatu proses untuk jangka panjang, kita tidak bisa segera tahu mengenai diri kita sendiri, banyak faktor dari dalam diri kita untuk kita cari tahu menganai diri kita yang sebenarnya. Segala sesuatu yang timbul dari dalam diri, itulah diri kita yang sebenarnya. Sehingga kita mesti mencari tahunya terlebih dahulu, apa saja faktor-faktor yang timbul tersebut?
Faktor-faktor dalam proses mengenal diri sendiri yang saya maksud di sini adalah semacam tentang keinginan, kenyamanan, ketakutan, emosi, dan berbagai hal yang lainnya, yang menyangkut diri kita sendiri. Kita juga perlu tahu, bahwa ke semua faktor tersebut adalah suatu anugerah, sehingga kita harus bisa menerima apa adanya agar kita bisa mengenal diri kita sendiri.
Tadi sudah saya katakan kalau proses mengenal diri sendiri merupakan suatu proses jangka panjang, sehingga untuk bisa memastikan apakah kita sudah bisa mengenal diri kita sendiri atau belum, maka segala aktifitas yang kita lakukan harus didasari dengan kesadaran diri kenapa harus seperti itu?
Kita harus bisa menyadari apa yang telah dan sedang sekaligus hendak kita lakukan, karena dengan kita menyadarinya maka kita bisa mengetahui pula tentang tujuan kita melakukan aktifitas tersebut. Segala aktifitas tersebut merupakan proses pengenalan diri kita, jadi sebaiknya kita jangan mengabaikannya, karena kita memang membutuhkannya untuk kita pelajari lebih dalam selama proses mengenal diri sendiri.
Dalam berusaha menyadari diri sendiri segala aktifitas yang kita lakukan, kita juga harus benar-benar menjujuri aktifitas tersebut terhadap diri kita sendiri. Kita harus jujur adalah untuk mengungkap semua tentang diri kita sendiri, entah itu tentang emosi kita, keinginan kita, ketakutan kita, kebutuhan kita, dan dengan kejujuran itu pula kita bisa lebih memahami diri sendiri.
Sebagai contoh saja, terkadang kita mendapati suatu kuisioner mengenai diri kita sendiri, untuk itu apabila kita mengisinya secara jujur maka kita bisa lebih tahu tentang diri kita yang sebenarnya. Sambil mengisi kita juga belajar untuk mengetahui tentang potensi diri kita, bakat-bakat kita, serta berbagai hal yang bisa membuat kita resah, atau hal mengenai diri kita yang lainnya.
Dari situ sudah sangat jelas bahwa proses mengenal diri sendiri merupakan suatu proses kejujuran kita terhadap diri kita sendiri, mengungkapkan segala isi hati yang paling dalam merupakan hal yang sudah seharusnya kita biasakan untuk bisa mengenal diri sendiri. Kita bisa mengenal diri kita sendiri karena memang kita juga tahu apa yang memang menjadi kebutuhan dari diri kita yang sebenarnya.
Masa depan merupakan bagian dari kita, untuk itu jangan sampai kita tidak mengetahui apa yang menjadi kebutuhan diri kita sendiri. Selama berjalannya waktu, di situlah kesempatan kita untuk bisa mengenal diri sendiri. Meskipun kita tidak akan langsung mengetahuinya, akan tetapi di masa depan nanti kita akan lebih mengenal tentang diri kita dari apa yang telah kita lalui sebelumnya.

No comments:

Post a Comment