Sunday, May 20, 2012

Merancang Keuntungan Dari Bisnis Desain Pakaian


"Dari waktu ke waktu, perkembangan industri fashion khususnya pakaian terus menunjukan peningkatan. Fenomena ini tentu bisa Anda manfaatkan sebagai peluang usaha"

Semakin maju tingkat kehidupan masyarakat, semakin tinggi pula tingkat kebutuhan pakaian di setiap kalangan masyarakat. Bila dulunya pakaian menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia, kini kehadirannya tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok semata namun juga untuk mengikuti perkembangan fashion agar terlihat semakin menarik.
Fenomena ini tentunya bisa Anda manfaatkan sebagai peluang usaha. Melihat dari waktu ke waktu, perkembangan industri fashion khususnya pakaian terus menunjukan peningkatan yang sangat signifikan. Oleh karena itu, dibutuhkan para pekerja kreatif yang bisa menciptakan desain-desain segar dan inovatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin hari semakin menginginkan model pakaian trendy tanpa meninggalkan rasa nyaman ketika dikenakan oleh setiap konsumen.
Konsumen
Sasaran pasar yang bisa Anda bidik sangatlah luas. Untuk konsumen rumah tangga, Anda bisa membidik kalangan masyarakat menengah keatas sebagai target pasar yang cukup potensial, bisa dari konsumen individu (perorangan) maupun kelompok seperti ibu-ibu arisan, kelompok pengajian dan lain sebagainya. Sedangkan untuk konsumen pelaku industri, Anda bisa menjalin kerjasama dengan para penyedia jasa jahit (taylor), atau menawarkannya langsung ke beberapa butik, clothing company, konveksi, dan masih banyak lagi peluang lainnya yang bisa Anda manfaatkan.
Info Bisnis
Desain pakaian merupakan salah satu kebutuhan dasar yang diperlukan para pelaku industri fashion untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin hari kian beragam. Bermodalkan sebuah desain yang dibuat para perancang busana, bisa tercipta suatu model pakaian baru yang tentunya memberikan keanggunan dan kenyamanan saat dikenakan para penggunanya.
Nah, jika Anda memiliki minat dan bakat dalam merancang desain pakaian. Anda bisa menyalurkannya dan mengoptimalkan kreativitas yang ada untuk menghasilkan untung besar setiap bulannya. Untuk membantu Anda menjalankan peluang bisnis ini, berikut ini kami informasikan beberapa modal utama yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai usaha.
  1. Modal pertama yang Anda perlukan yaitu passion, pengetahuan, dan keterampilan dalam membuat desain pakaian. Perlu Anda ketahui, membuat desain sebuah pakaian tidak hanya membutuhkan keahlian menggambar saja, namun juga memerlukan keterampilan untuk mempertimbangkan ukuran badan konsumen, mempersiapkan pola, memecah pola, memadupadankan desain pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh, mengetahui jenis-jenis desain, prinsip desain, alat dan bahan yang dibutuhkan untuk mendesain, teknik pewarnaan, hingga proses penyelesaian desain.
  2. Memperluas pengetahuan dengan mengikuti trend yang sedang berkembang di pasaran nasional maupun internasional. Untuk memperluas pengetahuan Anda, bisa diperoleh melalui pelatihan maupun kursus, majalah mode, buku mode, internet, maupun memperluas jaringan dengan bertukar pikiran dengan pelaku usaha sejenis.
  3. Memperbanyak jam terbang untuk meningkatkan kualitas desain yang dihasilkan, dan mengikuti berbagai event penting untuk memperkenalkan bisnis Anda.
  4. Meskipun Anda selalu mengikuti perkembangan mode, namun sebisa mungkin pertahankan ciri khas khusus yang membedakan desain pakaian yang Anda ciptakan dengan desain pakaian milik perancang yang lain.
  5. Sebaiknya pilih lokasi usaha di sepuratan daerah kota besar, karena sebagian besar konsumen potensial adalah kaum modern dari kalangan masyarakat menengah keatas.
Kelebihan Bisnis
Pada dasarnya merintis bisnis jasa
desain pakaian tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar. Yang terpenting adalah minat, bakat, dan keterampilan Anda di bidang desain maupun fashion untuk mendukung perkembangan bisnis yang sedang dijalankan. Disamping itu, belakangan ini sebagian besar masyarakat mulai menyadari akan pentingnya peranan jasa para desainer, sehingga saat ini mereka mulai percaya dengan penawaran jasa tersebut dan tidak heran bila prospek pasar yang dijanjikan semakin hari semakin terbuka lebar.
Kekurangan Bisnis
Selain besarnya keuntungan yang dijanjikan peluang bisnis desain pakaian, ada beberapa kendala usaha yang sering dihadapi para perancang busana. Contohnya saja seperti sepinya permintaan konsumen karena kurang aktif dalam berpromosi, atau menurunnya kreativitas mereka karena tingkat kejenuhan kerja yang sering melanda para pekerja kreatif. Untuk mengatasi kendala tersebut, Anda bisa melalukan
strategi pemasaran jemput bola untuk meningkatkan permintaan pasar, atau berusaha menggali ide-ide segar dengan cara berdiskusi dengan pelaku bisnis serupa, mencari inspirasi baru dari majalah mode, buku, maupun internet, serta meningkatkan keterampilan membuat desain dengan menambah jam terbang guna meningkatkan kualitas hasil produksi.
Strategi Pemasaran
Mengenai strategi jitu untuk memperluas jangkauan pemasaran, Anda bisa memulainya dengan cara mempromosikan hasil rancangan Anda kepada orang-orang terdekat yang ada di sekitar Anda. Misalnya saja seperti menawarkan jasa pembuatan desain pakaian untuk keluarga, sanak saudara, rekan-rekan Anda, para tetangga, para penjahit di sekitar rumah Anda, serta teman komunitas lainnya seperti teman pengajian, teman arisan, dan lain sebagainya.
Selanjutnya, Anda juga bisa memperkuat personal branding dengan cara menawarkan diri pada salah satu majalah mode untuk bisa diberikan kesempatan untuk mengisi kolom konsultasi mode di majalah tersebut, mengikuti berbagai macam ajang kompetisi desain pakaian baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional, serta mengadakan event peragaan busana agar konsumen mengetahui  hasil rancangan busana yang Anda ciptakan. Melalui event promosi tersebut, nama Anda bisa semakin dikenal masyarakat luas dan lambat laun mereka akan percaya dengan kualitas desain pakaian atau hasil karya yang Anda ciptakan.
Kunci Sukses
Kunci kesuksesan yang Anda butuhkan adalah kreativitas dan inovasi yang tak pernah berhenti untuk menciptakan karya-karya terbaru. Kini, seiring dengan meningkatnya persaingan pasar, para desainer dituntut untuk semakin kreatif & inovatif
untuk membuat berbagai macam desain pakaian. Sebab, sekarang ini pasar semakin pintar dan menuntut adanya pakaian berkualitas bagus, memiliki model menarik, nyaman dikenakan setiap orang, namun harga yang ditawarkan tetap terjangkau semua kalangan.
Analisa Ekonomi

Modal awal
Meja dan alat gambar                          Rp 2.000.000,00
Buku petunjuk desain                          Rp   300.000.00
Telepon                                       Rp   500.000,00
Sertifikan kursus desain pakaian              Rp 1.000.000,00 +
Total                                         Rp 3.800.000,00

Peralatan mengalami penyusutan setelah digunakan selama :
Meja dan alat : 1/60 bln x Rp 2.000.000       Rp 33.300,00
Buku desain : 1/24 bln x Rp 300.000,00        Rp 12.500,00
Telepon : 1/36 bln x Rp 500.000,00            Rp 13.900,00 +
Total penyusutan per bulan                    Rp 59.700,00

Biaya operasional
Kertas untuk pola                             Rp   250.000,00
Alat tulis dan perlengkapan gambar            Rp   150.000,00
Pembelian buku dan majalah mode               Rp   500.000,00
Biaya telepon                                 Rp   750.000,00
Biaya transportasi                            Rp   300.000,00
Biaya promosi (brosur, kartu nama, dll)       Rp   250.000.00
Biaya penyusutan                              Rp    59.700,00 +
Total                                         Rp 2.259.700,00

Omset per bulan
Pendapatan per bulan (rata-rata 1 desain per hari) :
30 desain x @ Rp 150.000,00          =        Rp 4.500.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 4.500.000,00 - Rp 2.259.700,00    =        Rp 2.240.300,00

ROI (Return of Investment)
(Modal awal : laba bersih per bulan) =        < 2 bulan
Semoga informasi peluang usaha tentang merancang keuntungan dari bisnis desain pakaian ini bisa memberikan banyak manfaat bagi para pembaca dan memberikan inspirasi baru bagi para pemula yang tertarik menekuni usaha di bidang industri kreatif. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.
Sumber gambar :
1. http://images04.olx.co.id/ui/5/26/12/1270201498_85322412_4-manesalook-jasa-desain-pakaian-Jasa-Lain-1270201498.jpg
2. http://1.bp.blogspot.com/_EHXPUXNngG0/ShpAzUX3w-I/AAAAAAAACp4/cs1rwePgdSM/s400/Gaun+pengantin+Muslim.jpg

1 comment:


  1. Thanks for sharing...
    perkenalkan kami (protase) produksi tas seminar, yg berada di jogja
    Kami melayani pesanan tas dalam partai besar maupun kecil. memproduksi berbagai macam produk tas yang berkualitas untuk keperluan seperti Tas Ransel, Tas Slempang, Tas Kantor, Tas Laptop, Tas Pakaian, Softcase, Tas Promosi, Tas Wanita, dll. Kami juga menerima pesanan tas dengan desain anda sendiri.

    ReplyDelete